Pemerintahan dan Kota » Provinsi » Kabupaten

ID #1357

Kabupaten Pemalang

Profil

Nama Resmi : Kabupaten Pemalang
Ibukota : Pemalang
Provinsi  : Jawa Tengah
Batas Wilayah :

Utara: Laut Jawa
Selatan: Kabupaten Purbalingga
Barat: Kabupaten Tegal
Timur: Kabupaten Pekalongan

Luas Wilayah :

1.115,31 Km2

Jumlah Penduduk :

1.261.454 Jiwa (Sensus Penduduk 2000)

Wilayah Administrasi

: Kecamatan: 14
Website : http://www.pemalang.go.id

 

Sejarah

Keberadaan Pemalang dapat dibuktikan berdasarkan berbagai temuan arkeologis pada masa prasejarah. Temuan itu berupa punden berundak dan pemandian di sebelah Barat Daya Kecamatan Moga. Patung Ganesa yang unik, lingga, kuburan dan batu nisan di desa Keropak. Selain itu bukti arkeologis yang menunjukkan adanya unsur-unsur kebudayaan Islam juga dapat dihubungkan seperti adanya kuburan Syech Maulana Maghribi di Kawedanan Comal. Kemudian adanya kuburan Rohidin, Sayyid Ngali paman dari Sunan Ampel yang juga memiliki misi untuk mengislamkan penduduk setempat.

Eksistensi Pemalang pada abad XVI dapat dihubungkan dengan catatan Rijklof Van Goens dan data di dalam buku W FRUIN MEES yang menyatakan bahwa pada tahun 1575 Pemalang merupakan salah satu dari 14 daerah merdeka di Pulau Jawa, yang dipimpin oleh seorang pangeran atau raja. Dalam perkembangan kemudian, Senopati dan Panembahan Sedo Krapyak dari Mataram menaklukan daerah-daerah tersebut, termasuk di dalamnya Pemalang. Sejak saat itu Pemalang menjadi daerah vasal Mataram yang diperintah oleh Pangeran atau Raja Vasal.

Pemalang dan Kendal pada masa sebelum abad XVII merupakan daerah yang lebih penting dibandingkan dengan Tegal, Pekalongan dan Semarang. Karena itu jalan raya yang menghubungkan daerah pantai utara dengan daerah pedalaman Jawa Tengah (Mataram) yang melintasi Pemalang dan Wiradesa dianggap sebagai jalan paling tua yang menghubungkan dua kawasan tersebut.

 

Arti Logo

Lambang Kabupaten Pemalang terdiri dari lambang berbentuk Kundi-pertala segi lima, Bintang, pengapit lambang, nama daerah dan lampu pedalangan. Kelima bagian tersebut disusun sedemikian rupa hingga nama daerah terletak diantara daun lambang dengan lampu Blencong/pedalangan, kesemuanya ada di dalam perisai wadah.

 

Berdasarkan ketetapan DPRD Gotong Royong Kabupaten Pemalang tertanggal 1 Juni 1968 tentang penetapan Bentuk dan Arti Lambang Daerah Kabupaten Pemalang, Lambang Daerah Kabupaten mempunyai arti tersendiri.  

Bentuk Kundi-pertala (Kendi dari tanah) berbentuk dasar segi lima, melambangkan dasar falsafah negara, yaitu Pancasila. Bintang bersudut lima berwarna kuning emas melambangkan kepercayaan rakyat Kabupaten Pemalang terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

 

Kubah berwarna biru melambangkan keimanan dan ketaqwaan rakyat Pemalang kepada Tuhan YME.
Bambu Runcing melambangkan kepahlawanan dan kesatriaan rakyat Pemalang.
Gunung (Gunung Slamet) adalah suatu ciri yang khusus bagi Kabupaten Pemalang karena Gunung Slamet merupakan satu-satunya gunung di Pemalang. 
 

Pegunungan (Bentuk benteng atau tangga-tangga) melambangkan keadaan alamiah daerah Pemalang. Di dalamnya terkandung hasil-hasil hutan antara lain glagah arjuna, jati dan pohon pinus sebagai komoditi ekspor. Garis horizontal berwarna putih melambangkan batas antara daerah datar dan pegunungan.

 

Pohon beringin melambangkan suatu pengayoman dari pemerintah daerah terhadap rakyatnya.
Dua lidah api yang berpadu dengan bambu runcing yang merupakan satu rangkaian tunggal melambangkan kepahlawanan dalam mempertahankan Bumi Pertiwi dari imperialisme/kolonialisme. 
 

Dua bilah keris dengan bentuk yang sama besarnya dengan ujung ke atas melambangkan kesatriaan patriot-patriot Pemalang dalam sejarah perjuangan. Serta menggambarkan peninggalan, sejarah kebudayaan yang tinggi. Dua pusaka tersebut (Kyai Sitapak dan Kyai Simongklang) yang sama besarnya memancar melalui sebelah bawah membelok ke atas di belakang keluar dari bambu runcing. Masing-masing keris dengan lidah api merah menyala ke atas dengan pesisir kuning. Berarti rakyat Pemalang selalu punya semangat perjuangan yang menyala-nyala.
Layar perahu melambangkan kemudi alam dengan sifat terpimpin dalam arus gelombang yang mencoba menggulingkan struggle for life, namun layar tetap tegak berkembang melawan hempasan gelombang dan derunya angin yang meniup kencang. Perahu melambangkan sifat-sifat bahariawan. Merupakan kejayaan di lautan yang dimiliki rakyat Pemalang.

 

Laut bergelombang (tiga buah) melambangkan bahwa sifat rakyat Pemalang selalu bergerak maju mengikuti program pemerintah untuk mencapai masyarakat adil dan makmur. Arus laut suatu saat tenang dan bergelombang di saat lain, mencerminkan watak rakyat Pemalang yang selalu tenang dan bergerak dalam sejarah perjuangan.  

Padi dan kapas melambangkan kemakmuran rakyat yang adil dan merata. Perpaduan dari bintang, padi dan kapas melambangkan hari depan rakyat Pemalang dalam menuju masyarakat adil dan makmur yang diridhoi Tuhan YME, berdasarkan Pancasila. Jumlah kapas 17 buah, api yang berlidah 8 dan padi berbulir 45 melambangkan hari Proklamasi 17 Agustus 1945.
Sedangkan Blencong (Lampu Pedalangan) melambangkan keindahan seni dan budaya terutama dengan motif wayang kulit ataupun dengan motif Gajah Mada yang sekaligus merupakan penerangan dan penyebaran agama.

 

Sumber : http://depdagri.go.id/konten.php?nama=Daerah&op=detail_kabupaten&id=184&dt=profil&nama_kab=Kab.Pemalang

Tags: Kabupaten Pemalang

Related entries: -

Terakhir diperbaharui: 2009-07-24 11:51
Penulis: luphie_43
Revision: 1.2

Digg it! Cetak materi ini Kirim ke teman Tunjukkan materi ini sebagai berkas PDF
Propose a translation for Propose a translation for
Beri nilai materi ini:

Nilai rata-rata: 0 dari 5 (0 Suara )

sangat tak berguna 1 2 3 4 5 sangat berguna

Anda tidak diperbolehkan untuk memberikan komentar pada materi ini

Komentar dari xpSoOZrCy:
Wah, kaaknya isnfrmanioya masih kurang ni mba' Selvi. Struktur jabatan dari nama kepala daerah + foto n ampe kasubagnya trus eselon 2 nya + foto. Program kerja dari Pemda seluma skr n mungkin progker di setiap dinas nya juga. itu hanya sebuah masukan aja mba' selvi, tapi kalo bisa sich mesti ada biar semua orang bisa mengenal seluruh jajaran di Pemkab Seluma saat ini .Terima kasih ya mba' n nice web .
Added at: 2012-03-17 12:38

Komentar dari HBpGUchEigGfEFky:
GcyqhS pwhyrqnjmmzk
Added at: 2012-03-18 00:46

Komentar dari qFhQPaJMooVIvKyRq:
PbWjrH , [url=http://bexuqiplfvha.com/]bexuqiplfvha[/url], [link=http://bgkpdgvfcvif.com/]bgkpdgvfcvif[/link], http://lkvtpbtnubjn.com/
Added at: 2012-03-18 20:13

Komentar dari bydmPkccX:
xwREPv ozrseavzrijl
Added at: 2012-03-19 18:10